Kamis, 25 Februari 2016

Perbedaan Genre Romance, TeenLit, & SongLit

Hi guys. Udah lama gue ga nulis lagi di blog ini, tapi blog ini tetap aktif kok hehe. *peace*
Maka dari itu gue mau sharing tentang genre yang gue geluti nih. Gue suka nulis. Genre cerita yang biasa gue buat yaitu antara Romance, TeenLit, dan SongLit. Beberapa info dibawah ini ada yang saya liput dari sumbernya yaitu Wikpedia. Nah buat kalian yang belum tahu atau belum memahami perbedaan dari ketiga genre tersebut adalah :

Romance :

Genre ini biasanya bercerita tentang kisah cinta (seringnya yang mendayu-dayu dan super melankolis) tentang penyesalan, penerimaan, dan hal-hal lain semacam itu. setting tempatnya biasanya diambil tempat-tempat eksotis dan romantis seperti paris, korea, italia, dll. Dan penokohannya akan tergantung pada seberapa glamour salah satu tokoh dan betapa urakannya tokoh yang lain. Dan ajaibnya kemudian mereka saling jatuh cinta. Ada beberapa sub-genre dari romance, antara lain :

Roman Kontemporer, bisanya setingg terjadi pada masa kini, sering mengandung cerita yang tegang atau humor, atau bahkan gabungan antara keduanya.
Roman Fantasi, Sesuai namanya, jenis ini bercerita tentang kisah cinta yang diceritakan dengan penuh fantasi. Misalnya kisah cinta beda alam, beda planet, kisah cinta antara mahluk yang berbeda, dan hal-hal lain semacam itu.
Roman Futuristik, Ceritanya akan memiliki setting jauh di masa depan. Dimana peradaban sudah sangat maju.
Roman Histori, Ini termasuk sub-genre yang jarang ditulis oleh penulis. Ceritanya biasanya berkisah tentang sejarah, mungkin setting waktunya sekitar sebelum perang dunia ke-dua.
Roman Paranormal, Jenis ini adalah jenis yang mencampurkan kisah cinta dengan bumbu-bumbu perdukunan dan sesuatu (atau banyak hal) berbau paranormal.
Roman Suspen (Tegang), Sub-genre ini menawarkan sedikit rasa tegang seperti cerita pembunuhan namun tetap intinya adalah kisah cinta. Atau mungkin tokohnya membunuh karena cinta. Itu cukup manis Om rasa.
Roman Time-Travel, Sesuai dengan namanya. Sub-genre ini akan berisikan tentang perjalanan menembus waktu untuk mendapatkan cinta sejati. Mungkin ceritanya seperti seorang lelaki di masa depan, kembali mencari cintanya di masa lalu dengan melakukan perjalanan waktu.



TeenLit :

Sesuai dengan namanya, genre novel ini dihususkan untuk kalangan remaja. Teen berarti remaja, dan Lit berasal dari kata literature yang berarti tulisan kesusastraan. Cerita yang ditawarkan biasanya dengan plot dan gaya bahasa yang sederhana, agar mudah dimengerti pembaca. Dan biasanya teenlit dibaca hanya untuk mengisi waktu luang dan memberikan kesenanangan pribadi (pembaca tidak dituntut untuk berfikir tentang makna yang lebih luas). Biasanya mengangkat cerita Roman, atau sejenisnya.


SongLit :

Sederhananya, genre novel ini mengubah sebuah lagu menjadi novel. Lirik lagu tersebut menjadi judulnya, dan isi lagu tersebut menjadi keseluruhan jalan cerita novelnya.


Sekian yang bisa saya sampaikan :):)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Surat Untuk Cinyo

Surat Untuk Cinyo, Cinyo, kamu datang dengan segala keluguanmu. Aku tak ingat kapan tepatnya kamu menghampiri rumahku. Yang kutahu hanyala...